Marketing Mix atau Bauran Pemasaran
Marketing Mix atau Bauran pemasaran adalah strategi pemasaran suatu perusahaan untuk mempromosikan barang yang di tawarkannya agar perusahaan mendapatkan keuntungan. menurut Philip Kotler, ada 4 elemen Bauran Pemasaran, antara lain :
- Product adalah suatu barang yang dihasilkan dan memiliki nilai jual yang akan di tawarkan ke pada konsumen, pembuatan product dilihat dari kualitas product dan kualitas product pesaing, jika kualitas product kita lebih baik dari kualitas product pesaing maka akan membuat nila jual yang lebih besar dari product yang kita tawarkan.
- Price, tak hanya Product yang kita perhatikan, semua orang pasti menilai dari harga atau pricenya juga, jika kualitas product bagus maka bahan-bahan yang kita butuhkan dalam pembuatan product akan bernilai sedikit lebih mahal dan nilai harga jual pun sedikit mahal, disinilah strategy marketing kita dijalankan,bagaiman cara menentukan harga dalam penjualan agar konsumen merasa puas dengan harga yang kita tawarkan dan kita pun mendapatkan keuntungan
- Place (tempat) saat ingin membuka subuah perusahaan baik itu jasa maupun barang kita harus melihat peluang sekitar, atau menyesuaikan product yang kita tawarkan dengan siuasi tempat tersebut, contohnya kita membuka usaha di pedesaan yang mayoritas pekerjaannya sebagai petani, maka kita memiliki peluang untuk membuka usaha alat pertanian.
- Promotion adalah strategy memperkenalkan product yang kita tawarkan agar diingat para konsumen, menanamkan product kita dibenak konsumen. bisa melalui media sosial, iklan, telefisi, maupun mulut kemulut.
Mengapa bauran pemasaran sangat penting bagi perusahaan ? karna bauran pemasaran adalah rancangan awal kita saat ingin membuka suatu usaha baik itu perusahaan jasa maupun barang. saat ingin membuk sebuah usaha kita harus memiliki target pemasaran kita, agar usaha kita berjalan dengan lancar.
Komentar
Posting Komentar